On The Internet, apa saja ya?

Bak Raja yang menguasai Dunia, Internet menjadi salah sistem yang paling berpengaruh bagi peradaban manusia.

Lalu ada pertanyaan, Apa yang akan terjadi jika internet tidak pernah ditemukan? Sepertinya segala hal akan berjalan dengan sangat lambat dan tidak praktis. Selain itu akan menyebabkan kehidupan yang tidak berwarna. Kita tidak bisa encari berbagai informasi yang kita butuhkan, misalnya saja seperti mmendownload lagu atau games. Selain itu kita juga dapat mengetahui peristiwa yang terjadi di belahan bumi manapun dengan hanya hitungan detik. Intinya, internet itu tidak mengenal batas ruang , jarak dan waktu, semua bisa terjelajahi. Internet memiliki kontribusi yang lumayan banyak, diantaranya adalah agen pemerintahan, badan profit maupun non-profit, institusi pendidikan dan individu.

Sebelum membicarakan lebih jauh tentang internet dan sistemnya. Kita dapat mengenal dua sistem sebelumnya yang ikut andil dalam pembentukan internet. Berawal dari teletext magazine dan video text.Teletext magazine memiliki kekurangan pada sifatnya yang satu arah dan tidak interaktif, sedangkan pada video text bersifat interaktif yang bisa mendapatkan data atau informasi dengan system dua arah yang menggunakan sambungan telepon. System yang memiliki kesamaan dengan video text adalah PC Based Operation yang memiliki keutamaan sehingga hanya digunakan oleh orang-orang tertentu saja tetapi akhirnya banyak orang yang membutuhkannya. Kemudian, dengan banyaknya permintaan pada servis ini menyebabkan banyak perusahaan yang mulai mmembentuk jaringan cyberspace yang dapat digunakan dalam berinteraksi dan bermain.

Perkembangan berlanjut pada teerciptanya World Wide Web. Web itu sendiri  dibagi dalam 3 standarisasi, yaitu: URL Uniform Resource Locators), HTTP( Hypertext Transfer Protocol), HTML (Hypertext Markup Language). Ketiganya digunakan oleh WWW untuk memberikan makanisme dalam mengalokasikan, mengakses dan mendisplay informasi yang ada dalam jaringan protocol.

Kegunaan dari HTML adalah menyambungkan link ke dokumen yang lain seperti menerima informasi dan membuka halaman lainnya. URL adalah alammat dalam internet yang berguna dalam mengidentifikasikan lokasi dari dokumen yang dicari.

Pada web dibutuhkan software untuk membuka internet, contohnya adalah Internet explore, netscape, mozilla, atau opera. Ada juga software search egine yang mana dapat dengan cepat mencari informasi. Itu dipakai pada Yahoo dan Google.

Kecanggihan lain pada internet adalah dapat digunakan sebagai  sarana menelepon, yang dikenal dengan VOIP. Selain itu juga ada meeting, internet based radio, iklan on-line, teleconference, on-line training dan education.

Menurut saya, aplikasi tercanggih adalah VRML (Virtual Reality Modelling Language) yaitu suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengeksplore kota, planet, dan museum. Jika berbicara dengan jasa, jasa yang paling cocock dipasangkan dengan internet adalah jasa iklan, kita bisa memmasarkan produk yang ingin kita jual melalui internet. Industri seperti ini dapat berkembang dan dikenal dengan industri berbasis internet atau cottage industri.

Keamanan. Jika berbicara mengenai keamanan, bukan berarti teknologi komunikasi yang canggih ini aman ketika kita berinteraksi dengan orang lain, terutama sekali adalah interaksi financial. Tetapi dengan adanya aplikasi firewall yang dapat bekerja dengan memblok visitors yang tidak diinginkan. Kejahatan dalam internet adalah cyber-crime yang sewaktu-waktu dapat terjadi pada kita, khususnya pada percobaan pembobolan atau mencari account keuangan kita melalui internet.

Satu lagi yang dapt kita lakukan dengan internet adalah e-commerce. E-commerce itu sendiri adalah transaksi yang dapat dilakukan via internet yang berhubungan dengan transferisasi kepemilikan akan sesuatu baik yang berbentuk, hak, barang atau jasa. Cara ini adalah alternative dalam mengiklankan barangnya atau mengadakan transaksi jual beli secara langsung dari pebisnis ke pebisnis, pebisnis ke konsumen dan konsumen ke konsumen. Cara ini dianggap praktis sehingga orang tidak perlu tatap muka untuk memesan barang yang diinginkan selain itu tidak repot juga. Ada beberapa keuntungan lainnya jika kita menggunakan e-commerce diantaranya adalah cepat dan mudah. Tapi sebenarnya cara ini merugikan pemerintah karenatdalam transaksi yang terjadi langsung antara penjual dan pembeli sehingga tidak adanya pajak yang masuk ke kas Negara. Di lain pihak, para konsumen justru memanfaatkan hal ini agar tidak terjebak pada pajak.

Seperti contohnya pada industri musik di inggris yang menjual lagu-lagunya bukan lagi dengan media kaset karena menurut para musisi, dengan menggunakan cara e-commerce, mereka bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar yaitu dengan cara para pendengar membayar dengan jumlah yang telah ditentukan untuk setiap lagunya. Cara ini membuat mereka tidak perlu lagi terikat pada perusahaan rekama yang biasanya meminta jatah dari keuntungan penjualan kaset.

Kegunaan e-comerce lainnya adalah bisa on-line dalamm pencarian jodoh, travel, dll. Ternyata dalam penggunaan e-commerce ini tidak semuanya menguntunkan karena tidak bisa menjual produk-produk makanan tertentu seperti sayuran. Maka dari itu diharapkan untuk ke depannya e-commerce dapat memberikan keuntungan yang maksimal pada semua pelanggannya.

Intinya, semua bisa dilakukan di Internet, penggunaan yang benar dapat sangat bermanfaat bagi semua orang. Gunakan Internet dangan bijak dan benar.

 

Tentang akufredian
Misterius di dunia maya

Tinggalkan komentar